December 8, 2022

Tumor Mata pada Kucing

Tumor adalah suatu massa jaringan abnormal yang terbentuk saat terdapat sel yang bertumbuh dan berkembang melebihi dari yang normal. Sel-sel tumor juga bisa tidak mati saat sel seharusnya mati.

Berdasarkan sifatnya tumor dapat dibedakan menjadi:

Tumor ganas (kanker/maligna)

Tumor ganas dapat menyebar ke jaringan di sekitarnya atau organ lain di dalam tubuh atau disebut metastasis. Tumor jenis ini dapat membahayakan dan bersifat fatal

Tumor jinak (benigna)

Tumor yang bersifat jinak tidak akan menyebar atau menyerang jaringan sekitar atau bagian lain pada tubuh tapi tumor jinak dapat berukuran besar dan berpotensi menganggu dan menekan organ di sekitarnya.

Precancerous tumor

Tumor jenis ini sebenarnya tidak ganas tapi bila tidak ditangani, nantinya dapat berubah menjadi ganas.

Kucing lebih jarang mengalami tumor pada mata bila dibandingkan dengan kejadian tumor mata pada anjing, tapi bila sampai terjadi, kemungkinan sifatnya  ganas cukup tinggi.

Seperti apa tanda-tanda tumor mata pada kucing?

tumor mata pada kucing

Tumor mata pada kucing tidak selalu tampak dari luar. Terdapat banyak variasi penampakan dan gejala yang timbul karena tumor di mata, tergantung pada keganasan dan jenis tumornya. Berikut adalah beberapa gejala yang umum ditemukan:

• Gangguan penglihatan
  • Perubahan warna iris
  • Mata tampak gelap atau berkabut
  • Bentuk iris berubah
  • Glaukoma (peningkatan tekanan dalam bola mata)
  • Radang dan bengkak pada salah satu atau kedua mata
  • Leleran pada mata yang terus menerus

Baca juga: 5 Penyebab Mata Kucing Berair dan Cara Mengatasinya

Baca juga: Penyebab Mata Kucing Bengkak dan Cara Mengobatinya

Diagnosa tumor pada mata kucing

Tumor pada mata kucing biasanya diidentifikasi saat pemeriksaan mata dengan opthalmoscope. Alat khusus ini digunakan untuk melihat bagian dalam bola mata. Bila ada massa tidak normal, dokter hewan akan dapat melihatnya. Setelah itu, sampel jaringan dapat diambil untuk memeriksa apa jenis dan sifat tumor yang ada.

Dari lokasi dan ukuran tumor serta sifatnya, dokter hewan kemudian akan menentukan langkah selanjutnya yang dapat dilakukan.

Selain pemeriksaan mata, dokter hewan juga akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh untuk memastikan apakah ada penyebaran tumor pada organ lain di tubuh atau bila ada kondisi lain yang mengganggu kesehatan kucing.

Penanganan tumor pada mata kucing

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh dokter hewan dan pemilik hewan dalam memilih pengobatan yang tepat untuk tumor di mata seperti jenis tumor, keganasan, ukuran, lokasi, hingga gejala yang ditimbulkan. Selain kondisi mata sendiri, kondisi tubuh kucing, usia, adanya penyakit lain juga penting untuk pertimbangan penanganan penyakit ini.

Pada kasus tumor jinak atau yang berukuran kecil dan di tempat yang mudah dijangkau (salah satunya pada kelopak mata) dapat dilakukan operasi dengan mempertimbangkan besaran luka dan diusahakan agar pengangkatan tumor bersih dan tidak meninggalkan sel tumor.

Pada kasus tumor ganas atau berukuran besar dan lokasi yang sulit dijangkau (misalnya di dalam bola mata) seringnya dokter hewan mempertimbangkan untuk mengangkat bola mata secara keseluruhan. Pilihan ini sangat dipertimbangkan karena dokter hewan tidak ingin meresikokan adanya jaringan tumor ganas yang tertinggal sehingga dapat menyebar ke organ lain dalam tubuh atau bila tumor diangkat kemudian menimbulkan efek samping karena kerusakan jaringan mata.

Pentingnya manajemen rasa sakit

Rasa sakit adalah kondisi umum yang dapat terjadi pada kucing yang memiliki tumor. Kembali lagi, tergantung pada jenis, keganasan, ukuran, dan lokasi, rasa sakit yang dirasakan dapat bervariasi dari rasa tidak nyaman hingga nyeri berat.

Rasa sakit ini juga tidak berhenti apabila tumor mata pada kucing sudah diangkat. Luka operasi dan tindakan kemoterapi pun menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Apabila diabaikan, rasa sakit dapat menyebabkan stres, trauma, tidak mau makan dll.  Hal ini kemudian dapat mengganggu kualitas hidup kucing dan menghambat proses kesembuhan pada kucing yang sedang dalam perawatan tumor.

Oleh karena itu, manajemen rasa sakit adalah faktor yang penting dan selalu dipertimbangkan dalam proses menangani tumor.