Daftar sekarang dan dapatkan video konsultasi dengan Dokter Hewan pertama anda Gratis!
close iconDaftarkan saya!
Punya pertanyaan terkait hewan peliharaan Anda?
Video konsultasi sekarang
close icon
November 3, 2022

Penyebab Mata Kucing Bengkak dan Cara Mengobatinya

Sebagai pemilik hewan, Anda mungkin dapat dengan mudah menyadari bila ada perubahan atau kelainan pada mata kucing Anda. Seiring waktu dan pertambahan usia, mata kucing akan mengalami perubahan dan hal ini bisa jadi sesuatu yang normal, namun apabila Anda melihat tiba-tiba mata kucing membengkak serta terlihat kesakitan, bisa jadi kucing sedang memiliki masalah kesehatan serius.

Berikut ini adalah beberapa contoh kemungkinan penyebab mata kucing bengkak.

 

Konsultasi dengan Dokter Hewan GRATIS Terhubung sekarang

Infeksi

Infeksi

Bengkak pada mata kucing dapat terjadi karena infeksi bakteri atau infeksi virus. Selain infeksi virus dan bakteri lokal pada mata, infeksi pada saluran pernapasan (flu kucing) juga dapat menyebabkan infeksi pada mata kucing sehingga bengkak dan berair.

Infeksi pada mata dan dapat menyebabkan mata kucing bengkak, terutama pada kelopak matanya. Mata kucing yang terinfeksi akan terlihat bengkak, merah, dan berair. Akan terlihat juga banyak kotoran mata berwarna putih hingga kuning atau kehijauan.

Tidak hanya pada sekitar mata, infeksi yang parah dapat menyebabkan kerusakan pada bola mata kucing dan dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

Penanganan infeksi mata

Kucing minum obat

Pada kasus mata kucing bengkak yang disebabkan oleh infeksi, dokter hewan akan meresepkan tetes dan salep mata dan atau obat minum yang mengandung antibiotik. Antiradang dan pereda rasa sakit juga dapat diberikan agar mengurangi ketidaknyamanan pada kucing.

Baca juga: 5 Penyebab Mata Kucing Berair dan Cara Mengatasinya

Alergi

Sistem imun tubuh memproduksi antibodi untuk melawan agen penyakit yang dapat menyerang tubuh seperti penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Pada kasus alergi, sistem imun salah mengidentifikasi benda asing atau alergen sebagai bahan berbahaya. Tubuh kemudian memproduksi antibodi untuk melawan alergen. Reaksi tubuh inilah yang menjadi reaksi alergi yang dapat timbul pada kulit, mata, dan berbagai organ lain dalam tubuh.

Reaksi alergi pada mata kucing dapat ditandai dengan kelopak mata kucing terlihat bengkak, merah, dan terlihat banyak air mata yang diproduksi.

Penanganan reaksi alergi di mata

Pada kasus alergi, dokter hewan dapat meresepkan obat tetes mata atau obat minum yang mengandung antihistamin dan antiradang.

 

Luka/trauma

Kucing mata bengkak

Luka pada sekitar mata dapat menyebabkan mata kucing bengkak. Luka atau trauma pada daerah mata kucing dapat terjadi misalnya karena luka cakaran setelah berkelahi atau benturan pada bagian wajah.

Luka pada kelopak mata kucing biasanya cukup mudah terlihat sedangkan luka pada permukaan bola mata mungkin lebih sulit diidentifikasi, tergantung keparahannya.

Penanganan luka atau trauma pada mata

Tergantung lokasi luka, dokter hewan akan meresepkan obat berbeda. Bila lokasi luka ada pada kelopak mata kucing, dokter dapat meresepkan bagi kucing obat seperti obat luka pada kulit pada umumnya.

Bila lokasi luka terjadi pada bola mata kucing atau selaput mukosa mata, pemberian obat dapat dilakukan dengan obat tetes atau salep mata.

 

Glaukoma

Kucing mata bengkak

Glaukoma merupakan kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan cairan di dalam bola mata (intraocular pressure). Hal ini dapat terjadi karena drainase cairan dalam mata tidak terjadi dengan baik/normal.

Penumpukan cairan ini kemudian dapat menyebabkan bola mata terlihat membesar, biasanya juga menyebabkan rasa sakit. Tekanan cairan yang tinggi dalam bola mata juga dapat merusak syaraf penglihatan sehingga menyebabkan gangguan penglihatan hingga kebutaan.

Glaukoma pada kucing kasusnya tidak sering terjadi tapi sayangnya pada, bila sudah terjadi sampai tahap kebutaan, biasanya penglihatan sudah tidak bisa dikembalikan. Untuk itu penting untuk segera membawa kucing Anda ke dokter hewan bila Anda melihat kebengkakan atau rasa sakit yang tiba-tiba pada mata kucing Anda.

Dokter hewan dapat mendiagnosa glaukoma pada kucing dengan cara memeriksa tekanan bola mata kucing. Tekanan dalam bola mata dapat diukur dengan alat khusus. Bila hasil pengukuran terlalu tinggi, maka ada kemungkinan kucing mengalami glaukoma.

Penanganan glaukoma

Dokter hewan dapat mengobati mata kucing dengan meresepkan tetes mata untuk mengurangi tekanan bola mata. Selain pemberian obat secara teratur, pengecekan berkala juga harus dilakukan untuk memastikan bahwa obat bekerja.

Bila pemberian obat saja tidak cukup dan kucing telah kehilangan penglihatan disertai rasa sakit yang menerus, maka dapat dipertimbangkan untuk mengangkat bola mata yang sakit.

 

Tumor

Tumor dapat menjadi penyebab mata kucing bengkak. Kasus tumor mata pada kucing lebih jarang terjadi bila dibandingkan dengan tumor pada mata anjing, namun kasus tumor pada mata kucing kebanyakan yang timbul adalah tumor ganas. Tumor dapat timbul baik pada kelopak dan atau bola mata.

Tumor pada kelopak mata luar cukup mudah terlihat, yang sulit dilihat adalah tumor pada bagian dalam kelopak mata dan di dalam bola mata. Dokter hewan mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti dengan opthalmoskop atau ultrasonografi untuk memeriksa bagian dalam bola mata.

Baca juga: Tumor Mata pada Kucing

Penanganan tumor pada mata

Seringnya, bila ditemukan tumor pada bola mata, harus dilakukan pengangkatan bola mata. Setelah itu ada baiknya dilakukan pemeriksaan patologi di laboratorium untuk memastikan jenis tumor ganas atau tidak.

Terutama pada kasus tumor ganas, pemeriksaan rutin berkala pasca operasi pun sebaiknya dilakukan untuk memastikan tidak adanya penyebaran tumor pada organ lain dalam tubuh.

 Baca juga: 14 Ciri-Ciri Kucing Sakit yang Harus Diperhatikan

Punya pertanyaan tentang hewan peliharaan Anda? Terhubung sekarang

Ringkasan

Mata kucing bengkak dapat disebabkan oleh berbagai sebab, misalnya dari infeksi, alergi, trauma, glaukoma dan tumor. Dari banyak kemungkinan penyebab mata kucing bengkak, walaupun tidak semua berbahaya, ada kondisi tertentu seperti trauma dan glaukoma yang membutuhkan penanganan secepatnya.

Oleh karena itu, sebaiknya bila Anda menyadari ada perubahan pada kucing segera bawa kucing Anda ke dokter hewan untuk diperiksa. Dokter hewan akan dapat mencari tahu penyebab mata kucing bengkak dan penanganan yang terbaik untuk mengobati mata kucing Anda.

Untuk itu sekarang Anda tidak perlu repot untuk bisa berdiskusi dengan dokter hewan dari rumah karena di Pawlyclinic Anda dapat melakukan konsultasi dokter hewan secara online. Di Pawlyclinic ada banyak dokter hewan berpengalaman yang bisa membantu Anda di waktu janji temu yang Anda tentukan sendiri.

Untuk mulai mendaftar dan membuat janji temu klik disini.

Artikel lain yang mungkin anda sukai