Daftar sekarang dan dapatkan video konsultasi dengan Dokter Hewan pertama anda Gratis!
close iconDaftarkan saya!
Punya pertanyaan terkait hewan peliharaan Anda?
Video konsultasi sekarang
close icon
September 12, 2022

Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang Efektif

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaaan yang populer di masyarakat. Manfaat memiliki hewan peliharaan diataranya adalah mengurangi depresi dan kecemasan, serta mengurangi rasa kesepian di rumah.

Dari banyak manfaat yang dapat didapat, sebagai pemilik kita sebaiknya merawat anjing dengan benar. Salah satu masalah yang bisa muncul pada anjing adalah infestasi kutu.

Kutu merupakan parasit dari golongan insekta dan arachnida. Kutu yang umumnya ditemukan pada anjing dapat dikategorikan menjadi 3 macam yaitu:

Konsultasi dengan Dokter Hewan GRATIS Terhubung sekarang

Caplak (tick)

Caplak

Caplak dewasa umumnya berukuran sekitar 2-3 mm dan berwarna merah gelap. Caplak betina dewasa yang sudah meminum darah dapat berukuran hingga melebihi 1 cm. selain dapat menyebabkan masalah kulit dari gigitannya, caplak juga membawa berbagai penyakit bakteri dan parasit darah yang dapat membahayakan.

Pinjal (flea)

Pinjal

Pinjal dewasa berukuran sekitar 2-4 mm dan berwarna kecokelatan. Pinjal dapat bergerak cepat dan meloncat hingga 200 kali panjang badannya.

Gigitan kutu pinjal dapat menyebabkan rasa gatal dan kemerahan pada kulit anjing. Pada anjing-anjing yang sensitif kulitnya, gigitan pinjal dapat menyebabkan flea allergy dermatitis yang bila dibiarkan tidak diobati dapat menyebabkan infeksi sekunder bakteri di kulit.

Pinjal juga merupakan vektor pembawa cacing pita.

Tungau (mite)

Tungau

Tungau berukuran 0,2-0,4 mm, ukuran mereka sangat kecil dan biasanya hanya bisa terlihat jelas dengan bantuan mikroskop. Beberapa spesies tungau hidup di bawah kulit, tungau membuat lubang pada lapisan kulit untuk hidup dan makan disana yang kemudian menyebabkan kulit anjing menjadi berkerak dan gatal. Bila dibiarkan hal ini juga bisa menyebabkan infeksi sekunder bakteri.

Apa yang harus dilakukan bila menemukan kutu pada anjing peliharaan Anda?

Dalam jumlah tertentu, kutu dapat menyebabkan berbagai masalah. Parasit ini tidak hanya mengambil nutrisi dari tubuh anjing, kutu juga dapat menimbulkan masalah kulit dan membawa berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan anjing. Bila Anda menemukan kutu pada anjing Anda, berikut adalah beberapa cara untuk membuat anjing Anda bebas dari kutu:

Sisir kutu

Sisir kutu

Menyisir rambut anjing dengan sisir khusus kutu (sisir serit) dapat membantu menghilangkan kutu dan kotoran kutu yang ada diantara rambut dan kulit. Sisir kutu ini dibuat dengan jarak gigi sisir yang rapat sehingga dapat memerangkap kutu dan kotorannya diantara gigi sisir.

Kutu yang terperangkap di dalam sisir kemudian dapat dimatikan dengan cara mencelupkan sisir beserta kutunya di dalam air sabun atau alkohol.

Mandi obat kutu anjing

Mandi obat kutu anjing

Mandi dapat membantu menghilangkan kutu dan kotoran kutu. Dokter hewan mungkin akan menyarankan untuk memandikan anjing dengan sampo antikutu khusus yang memiliki kandungan bahan kimia untuk membunuh kutu.

Perawatan mandi kutu dapat dikombinasikan dengan pemberian obat kutu setelah mandi. memandikan anjing dengan sampo antikutu dapat dilakukan secara mingguan hingga kutu anjing berhasil dibasmi.

Obat kutu

Obat kutu

Obat kutu dapat ditemukan dalam berbagai bentuk dari tablet, obat suntik, kalung, dan obat yang diteteskan di tengkuk. Jenis kandungan obatnya pun berbeda-beda tergantung fungsinya.

Kandungan obat kutu dapat terserap pada darah atau kelenjar minyak pada kulit anjing, tergantung pada jenis obatnya. Pada umumnya obat ini bekerja dengan cara meracuni kutu saat mereka menghisap darah atau bahkan saat baru menempel di tubuh anjing.

Diskusikan dengan dokter hewan Anda bila Anda ingin memberikan obat kutu untuk anjing agar sesuai dengan kebutuhan Anda dan anjing Anda.

Semprot lingkungan rumah

Semprot lingkungan rumah

Beberapa jenis kutu seperti pinjal dan caplak memiliki siklus hidup dimana mereka tidak selalu berada di tubuh anjing. Ada periode tertentu dimana mereka turun atau menjatuhkan diri dari tubuh anjing setelah selesai meminum darah anjing untuk bertelur. Kutu dari telur kutu yang sudah menetas di lingkungan ini nantinya akan kembali mencari inang (tubuh anjing atau bahkan Anda dan anggota keluarga!) untuk makan dan mengulang siklus tersebut.

Hal ini yang menyebabkan pentingnya penyemprotan lingkungan tempat tinggal anjing dengan obat kutu terutama pada anjing-anjing yang terinfestasi banyak kutu dalam jangka waktu lama. Kemungkinan, kutu juga sudah ada di sekitar situ, tidak hanya di tubuh anjing.

Prosedur dan lama perawatan kutu untuk anjing tergantung dengan seberapa banyak kutu yang ada di tubuh anjing dan di lingkungan rumah, serta budget dan gaya hidup. Makin parah infestasi kutu, makin lama pula perawatan yang harus dilakukan sampai kutu dapat hilang secara total dari tubuh anjing dan lingkungan tempat tinggalnya.

 

Bagaimana cara mencegah supaya anjing tidak kutuan?

Walaupun anjing Anda sudah bebas kutu, masih ada kemungkinan tertular kutu saat bertemu anjing lain atau berada di tempat yang banyak dilewati anjing lain. Ada beberapa cara untuk menjaga supaya anjing Anda tidak terkena kutu seperti di bawah ini:

Pengecekan badan anjing

Pengecekan badan anjing

Lakukan pemeriksaan badan anjing secara rutin terutama bila anjing Anda banyak beraktivitas di luar rumah dan setelah kembali dari tempat-tempat yang banyak dikunjungi anjing lain.

Pengecekan lingkungan tempat tinggal

Pengecekan lingkungan tempat tinggal

Pada fase tertentu beberapa jenis kutu seperti pinjal dan caplak turun dari tubuh anjing dan berada di lingkungan sekitar tempat tinggal. Saat berada di lingkungan kutu akan bertelur di celah-celah dinding, perabotan rumah, atau di sekitar tanaman di kebun. Telur kutu mungkin sulit diidentifikasi tapi dalam kasus infestasi kutu yang parah, pemilik hewan mungkin dapat menemukan kutu berukuran kecil di celah-celah rumah.

Punya pertanyaan tentang hewan peliharaan Anda? Terhubung sekarang

Obat kutu rutin

Pemberian obat kutu rutin merupakan metode yang baik untuk mencegah infestasi kutu pada anjing. Di pasaran terdapat banyak jenis obat kutu yang bisa diberikan bulanan atau 3 bulanan. Anda dapat memilih jenis yang cocok untuk anjing Anda dengan berdiskusi dengan dokter hewan.

 

Kutu tidak hanya merugikan anjing karena menghisap darah anjing. Kutu juga dapat menyebarkan penyakit seperti lyme disease, anaplasmosis, ehrlichiosis, babesiosis, dan lainnya. Penyakit-penyakit ini dapat menimbulkan berbagai gejala seperti demam, anemia, tidak mau makan, kelemahan di sendi, dan lain-lain. Bila Anda melihat anjing anda terinfestasi kutu dan terlihat sakit, segera bawa anjing Anda ke dokter hewan untuk diperiksa apakah Anjing Anda terinfeksi penyakit yang dibawa kutu.

Untuk itu sekarang Anda tidak perlu repot untuk bisa berdiskusi dengan dokter hewan dari rumah karena di Pawlyclinic Anda dapat melakukan konsultasi dokter hewan secara online. Di Pawlyclinic ada banyak dokter hewan berpengalaman yang bisa membantu Anda di waktu janji temu yang Anda tentukan sendiri.

Untuk mulai mendaftar dan membuat janji temu klik disini.

Baca juga: Scabies Pada Anjing dan Cara Mengobatinya

Artikel lain yang mungkin anda sukai